Tips Mudah Menjalanan Shalat Subuh

Oleh : DR. RAGHIB AS-SIRJANI

“jika anda telah bersiap meninggalkan shalat subuh, hati-hatilah bila anda berada dalam golongan orang-orang yang tidak disukai Allah untuk pergi (shalat). Anda akan ditimpa kemalasan, Futur (turun keimanan), lemah, dan terus berdiam diri”.

1. IKHLAS

    Ikhlas menjadi tips yang terpenting dalam membantu bangun shalat Subuh. Tanpa keikhlasan, seseorang tidak akan melaksanakan Subuh secara teratur. Itu karena shalat Subuh merupakan standar pembeda bagi orang-orang ikhlas dengan orang-orang munafik.

2. Tekad Yang Kuat

    Kemauan akan muncul, manakala mereka memiliki keseriusan dan kejujuran untuk keluar, sehingga mereka benar-benar akan mempersiapkan apa saja yang memungkinkannya berangkat ke medan perang. begitu juga bagi yang berkeinginan shalat Subuh. Jika mereka tidak mempersiapkan apa-apa, berarti ia bukan orang  yang jujur. Seakan-akan ia berkata, “Saya mau tapi saya tidak setuju…”

3. Hindari Dosa

    Hati yang didisi dengan cinta kemaksiatan, bagaimana mungkin akan bangun untuk shalat Subuh? Bagaimana mungkin hati yang tertutup dosa akan terpengaruh oleh hadist-hadist yang berbicara tentang keutamaan shalat Subuh? 

4. Doa

    Doa merupakan peran yang sangat penting. Jangan meremehkan sedikitpun. Lakukan doa sebagai rutinitas harian, dengan memohon agar Allah memberi kemampuan untuk melaksanakan shalat Subuh berjamaah. Perbanyaklah doa, selalu perbanyaklah memohon dan merintih pada-Nya.

5. Berteman dengan Orang Shalih

    ini sebuah saran yang tak kalah pentingnya. memang, berbuat ketaatan tatkala dalam kesendirian, sangat susah. karena setan lebih kuat menghadapi orang yang sendiri tak berkawan.

6. Memperhatikan Cara Tidur

   – Tidur Lebih Awal

   – Umumkan Jam Tidur

7. Jangan Kekenyangan

    Itulah tips yang sesuai dengan Syariat dan Kesehatan. satu sama lain tisak akan bertentangan. secara umum merupakan sarana yang bermanfaat bagi manusia, sedangkan secara khusus bermanfaat bagi mereka yang ingin menjaga waktu shalat.

8. Mangingat-ingat Keutamaan Waktu Fajar

    ini merupakan tips yang baru, bagus dan bermanfaat bagi sebagian besar kaum muslimin. sekalipun mereka telah mampu memelihara shalat Subuh selama bertahun-tahun.

9. Tiga Bel Pengingat

    – Jam Weker

    – Telepon

      buatlah janji dengan teman: “Siapa yang bangun lebih dulu, ia harus membangunkan yang lain dengan telepon.” dengan ini pula, anda menolong teman dalam kebaikan.

    – Bel Pintu

       buatlah kesepakatan dengan tetangga untuk menghampiri anda dengan mengebel pintu supaya anda terbangun.

10. Ajaklah Orang Lain

     yakinlah, Allah tentu membantu anda, tatkala Dia menyaksikan Anda mengajak  orang lain untuk melaksanakan kewajiban itu. usaha yang terus menerus di jalan Allah, niscaya Allah akan menjamin anda selalu berhubungan dengan-Nya.

 

Terima Kasih 🙂

 

Tinggalkan komentar